Header Ads

-

Ayat Al-Quran Tentang Pagi Hari

Ayat Al-Quran Tentang Pagi Hari
Ayat Al-Quran Tentang Pagi Hari
Allah Tabaraka Wa Ta’ala memberikan kita beberapa waktu dalam sehari, ada pagi hari, siang hari, sore hari dan malam hari. Di pagi hari kita biasanya memulai aktifitas, ada yang bekerja, ada yang bersekolah, ada yang sibuk dengan urusannya dan lain sebagainya. Hendaknya kita memulai pagi hari dengan senyuman dan menyebut asma Allah ‘Azza Wa Jalla. Pagi hari adalah saat di mana matahari menunjukkan pesonanya kepada penduduk bumi. Matahari saat itu akan memberikan cahayanya kepada kita tanpa harus membayar. Matahari memberikan kita sinar dan panas yang memiliki jutaan manfaat bagi tubuh. Saat pagi hari udara sedang segar-segarnya dan sejuk-sejuknya. Intinya di pagi hari itu begitu indah dan sayang kalau kita lewatkan begitu saja.


Maka dari itulah saya akan membahas sedikit mengenai ayat-ayat Al-Quranul Karim yang berkaitan tentang pagi hari. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

1

Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. (Q.S. Adz-Dzaariyaat : 18)

Ayat di atas berbicara tentang ciri-ciri penghuni surga, salah satunya adalah sebagaimana yang disebut pada ayat di atas.

2

dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi, (Q.S. Al-‘Aadiyaat : 3)

3

Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai. (Q.S. Al-A’raaf : 205)

4

Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang. (Q.S. Al-Ahzaab : 42)

5

Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka dan merekapun tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu, yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka, (sehingga kamu termasuk orang-orang yang zalim). (Q.S. Al-An’aam : 528

6

Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan (menjadikan) matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. (Q.S. Al-An’aam : 96)

7

supaya kamu sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, menguatkan (agama)Nya, membesarkan-Nya. Dan bertasbih kepada-Nya di waktu pagi dan petang. (Q.S. Al-Fath : 9)

8

Dan mereka berkata: "Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlah dongengan itu kepadanya setiap pagi dan petang." (Q.S. Al-Furqaan : 5)

Ayat di atas adalah hinaan orang-orang kafir Mekkah terhadap Al-Quran. Mereka tidak percaya bahwa Al-Quran itu datang dari Allah Jalla Jalaluh.

9

Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur di waktu pagi. (Q.S. Al-Hijr : 83)

Ayat di atas berbicara tentang azab yang diterima oleh kaum Tsamud.


10

Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang. (Q.S. Al-Insaan : 25)

11

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (Q.S. Al-Kahf : 28)

12

Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (Q.S. Al-Mu’min : 46)

Ayat di atas berbicara tentang siksa kubur, yaitu dinampakkan neraka kepadanya pada saat pagi dan petang.

13

Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi. (Q.S. Al-Mu’min : 55)

14

Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)." Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari." (Q.S. Ali ‘Imran : 41)

15

Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu, mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar saja) di waktu sore atau pagi hari. (Q.S. An-Naazi’aat : 46)

16

Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang, (Q.S. An-Nuur : 36)

17

Hanya kepada Allah-lah sujud (patuh) segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan kemauan sendiri ataupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayangnya di waktu pagi dan petang hari. (Q.S. Ar-Ra’d : 15)

18

Dan sesungguhnya kamu (hai penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka di waktu pagi, dan di waktu malam. Maka apakah kamu tidak memikirkan? (Q.S. Ash-Shaafaat : 137-138)

19

Sesungguhnya Kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang dan pagi, (Q.S. Shaad : 18)

20

Biarkanlah dia pergi bersama kami besok pagi, agar dia (dapat) bersenang-senang dan (dapat) bermain-main, dan sesungguhnya kami pasti menjaganya." (Q.S. Yusuf : 12)

21

Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang. (Q.S. Maryam : 11)

Ayat di atas mengisahkan tentang Nabi Zakariyya ‘alaihissalam saat menerima kabar bahwa dia akan dianugerahi seorang anak bernama Yahya ‘alaihissalam.

22

Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang. (Q.S. Maryam : 62)

Itulah berbagai ayat Al-Quran tentang pagi hari. Tetapi tidak semua ayat tentang pagi hari saya tulis di atas karena memang begitu banyak sekali ayat Al-Quran tentang hal ini. Semoga tulisan ini menambah wawasan kita terhadap Islam dan Al-Quran.



Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.