Header Ads

-

Perbanyaklah Doa Ketika Hujan Karena Itu Adalah Waktu Mustajab Berdoa



Hujan
Hujan

Siapa yang di sini rumahnya yang tidak pernah hujan? Pasti pernah paling tidak beberapa bulan sekali mengalami yang namanya hujan, bahkan ada yang selama seminggu diguyur hujan beberapa kali. Ketika turun hujan, wajar saja jikalau banyak orang yang senang dengannya karena hujan itu rahmat, airnya bisa kita manfaatkan untuk mandi, untuk berwudhu, untuk menyiram tanaman, untuk memasak, untuk mencuci piring dan lainnya tanpa harus menggunakan air di rumah kita. Bukan hanya manusia saja yang sedang jika hujan turun, hewan dan tumbuhan juga turut senang dengan turunnya hujan ini.

Siapa yang menurunkan hujan? Jawabannya ada di dalam Al-Quran

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

Jadi Allah-lah yang telah menurunkan hujan dari langit, dan dengan air itu digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Bahkan yang luar biasanya lagi, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjelaskan bagaimana proses terjadinya dan terbentuknya hujan di dalam Al-Quran.

Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira. (Q.S. Ar-Ruum : 48)

Sudah seharusnya kita bersyukur atas salah satu nikmat Allah ini, karena di luar sana masih banyak sekali yang dilanda kekeringan dan berharap agar Allah Ta’ala menurunkan hujan kepada mereka. Tapi sayang sekali, masih banyak sekali di antara kita kalau turun hujan bukan bersyukur, akan tetapi malah mencelanya. Bahkan ada yang protes kenapa hujan turun pada saat tertentu sehingga mengganggu kegiatan ataupun acara kita. Bahkan yang paling parah adalah sampai menghina hujan, padahal Allah-lah yang telah menurunkan hujan. Jadi, jikalau ada yang menghina ataupun mencela hujan, maka secara tidak langsung dia juga menghina dan mencela Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka benarlah firman Allah yang mengatakan bahwa amat sedikit sekali yang bersyukur kepada-Nya.

Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur. (Q.S. Al-Mu’minuun : 78)

Daripada protes karena hujan turun yang mendatangkan kemurkaan Allah, lebih baik dan sangat dianjurkan untuk kita berdoa pada saat hujan turun, karena itu adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun. (H.R. Al-Hakim, 2534, dishahihkan oleh Syeikh Al-Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

Mari kita perbanyak doa saat hujan turun, minta sama Allah apapun itu, entah mungkin kita memohon rezeki yang melimpah, memohon jodoh, memohon harta yang berkah, memohon kesehatan, memohon surga-Nya, meminta agar jangan dimasukkan ke dalam neraka-Nya, dan lain sebagainya. Bahkan kata Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jika kita berdoa ketika hujan maka doa itu tidak tertolak, alias mudah sekali terijabah oleh Allah Ta’ala. Selagi kita taat kepada-Nya dan memohon kepada-Nya dengan sungguh-sungguh, doa kita akan senantiasa dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (Q.S. Al-Baqarah : 186)

Jadi mulai sekarang, mari kita perbanyak doa ketika hujan turun, jangan sekali-kali kita mencelanya, kita seharusnya bersyukur karena hujan adalah rahmat Allah, saat di mana Allah melimpahkan keberkahan dan limpahan rezeki-Nya kepada para hamba-hamba-Nya.

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.