Header Ads

-

Subhanallah! Al-Quran Menjelaskan Pengaruh Angin Terhadap Kapal Yang Berlayar


Kapal
Kapal

Tidak diragukan lagi bahwasannya Al-Quran adalah benar-benar firman Allah, tidak ada kecacatan di dalamnya apalagi kontradiksi. Di dalam Al-Quran banyak sekali mengandung pengetahuan, ilmu dan hikmah. Sehingga dengan membacanya kita tidak akan pernah mendapatkan sedikitpun kerugian, akan tetapi malah bertambah ilmu dan keimanan kita terhadapnya. Salah satu hal menakjubkan Al-Quran adalah bahwa di dalamnya dijelaskan bahwa terdapat pengaruh terhadap kapal yang sedang berlayar. Apa yang dikatakan Al-Quran?

Dan di antara tanda-tanda kekuasan-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya; mudah-mudahan kamu bersyukur. (Q.S. Ar-Ruum : 46)
Pada ayat di atas dijelaskan bahwasannya Allah mengirimkan angin salah satu tujuannya adalah agar kapal dapat berlayar. Semua kapal sangat berpengaruh terhadap angin, tidak peduli dia adalah bahtera yang besar ataupun perahu kecil sekalipun, kencang tidaknya angin menjadi alasan berlayarnya kapal di lautan. Apalagi jikalau ada hujan badai maka angin-angin akan berhembus begitu kencangnya sehingga pelayaran kapal di lautan akan terganggu, bahkan Al-Quran menjelaskan bahwasannya jikalau angin itu berhembus sedikit sekali alias anginnya menjadi tenang maka kapal-kapal akan terhenti di lautan.

Jika Dia menghendaki, Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti di permukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaannya) bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur, (Q.S. As-Syuura : 33)
Hanya Al-Quran satu-satunya kitab yang menjelaskan perihal ini dan sudah terbukti pada kenyatannya bahwa berlayarnya kapal di lautan pasti selalu memperhatikan angin, terlebih lagi jikalau angin tersebut tidak tentu keadaannya. Kapal-kapal yang berlayar di lautan itu semua merupakan nikmat Allah, tanpa izin dan nikmat yang diberikan Allah kapal tersebut tidak akan dapat berlayar. Tujuan Allah memperjalankan kapal di lautan adalah agar diperlihatkan Allah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran-Nya.

Tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar di laut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebahagian dari tanda-tanda (kekuasaan)-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur. (Q.S. Luqman : 31)

Lalu apa tanda-tanda kebesaran Allah yang bisa kita dapati saat melihat kapal-kapal yang berlayar di laut? Banyak sekali, dengan melihat kapal-kapal tersebut kita semakin sadar bahwasannya Allah itu Maha Kuasa dan Maha Perkasa, lautan begitu luasnya diciptakan oleh Allah, dengan itu kita bisa melihat indahnya laut yang diciptakan Allah, bahkan kita menyadari bahwa kita begitu kecil di hadapannya sehingga membuat kita lebih bersyukur dan merasa kita tidak ada apa-apanya dibandingkan Allah. Kita juga bisa melihat berbagai jenis ikan, hewan-hewan laut dan terumbu karang yang begitu indahnya dan menyejukkan mata jika dipandang.

Apalagi jikalau kita membuka Al-Quran, di dalamnya terdapat banyak sekali ayat yang membahas tentang kapal, bahtera, lautan dan lain sebagainya. Maka tidak ada keraguan sedikit pun lagi bahwa Allah lah yang benar-benar menurunkan Al-Quran ini. Bahkan sekitar 1400 tahun yang lalu Kitab ini sudah membahas tentang pengaruh angin terhadap kapal-kapal yang berlayar di lautan. Maka dari itu sudah seharusnya kita menjadi hamba-hamba yang bersyukur dan senantiasa taat kepada Allah, apalagi atas segala nikmat yang diberikan-Nya kepada kita.

(Baca Juga : Nikmat Yang Paling Besar)

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.