Header Ads

-

Cara Mengetahui Makna dan Penjelasan Ayat Al-Quran


Cara Mengetahui Makna dan Penjelasan Ayat Al-Quran
Cara Mengetahui Makna dan Penjelasan Ayat Al-Quran

Al-Quran adalah penyempurna wahyu Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Al-Quran adalah pelengkap dan penutup wahyu Allah ‘Azza Wa Jalla. Al-Quran memiliki banyak sekali keutamaan. Membacanya saja sudah berpahala, apalagi kalau dihayati maknanya bisa-bisa air mata kita menetes karenanya. Maka dari itu kita tidak akan pernah rugi kalau sudah berurusan dengan Al-Quran. Siapa saja yang menjadikan Al-Quran pedoman hidup maka hidupnya akan bahagia dunia akhirat. Siapa saja yang menjadikan Al-Quran sebagai tuntunan hidup maka hidupnya tidak akan menderita. Siapa saja yang dekat dengan Al-Quran maka hatinya akan selalu terhibur. Siapa saja yang mentaati Al-Quran maka surgalah tempatnya. Sebaliknya, bagi para pembenci Al-Quran, orang-orang yang menjauh dari Al-Quran dan orang-orang yang tidak berusaha dekat dengan Al-Quran akan mendapat azab.

Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran ataukah hati mereka terkunci? (Q.S. Muhammad : 24)


Keinginan untuk kita semua tentu saja adalah dapat mendalami makna dan penjelasan Al-Quran. Apalagi kita orang yang non arab yang tidak mengerti bahasa Arab maka sangat perlu sekali bagi kita penjelasan Al-Quran, ya paling tidak sekedar terjemahan itu adalah yang paling minimal. Tetapi kalau masalah terjemahan tampaknya belum seberapa dibandingkan penjelasannya lebih detail per kalimat bahkan per kata. Dengan mengetahui penjelasan ayat demi ayat maka kita bisa lebih mendalami makna ayat tersebut. Dengan itu kita bisa meresapi lagi pesan dari ayat Al-Quran sehingga kita akan bertambah cinta dengan Al-Quran. Saat cinta kita kepada Al-Quran semakin bertambah maka semakin bertambah pula kerinduan kita kepada Allah. Saat kerinduan kita kepada Allah terus bertambah maka beribadah dan hidup sehari-hari akan terus dihiasi dengan ketenangan dan kesenangan yang luar biasa.

Lalu bagaimana kita mengetahui penjelasan Al-Quran? Karena Al-Quran yang ada pada hanya ada teksnya saja, ditambah dengan terjemahan dan sedikit penjelasan. Tentu saja hal itu tidak membuat kita puas 100%. Maka dari itu kami akan memberikan solusinya, yaitu membuka kitab tafsir para ‘ulama. Kitab tafsir para ‘ulama yang dimaksud adalah karangan ‘ulama dalam menafsirkan Al-Quran. Saat ini banyak sekali tafsir Al-Quran yang memang kualitasnya tidak usah diragukan lagi seperti tafsir Ibnu Katsir, tafsir Al-Qurthubi, tafsir As-Sa’di, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

(Baca Juga : Tidak Mungkin Hadits Sahih Bertentangan Dengan Al-Quran)

Dengan karangan tafsir Al-Quran para ‘ulama maka kita bisa lebih dekat dengan Al-Quran. Kita bisa mencari tahu ayat-ayat yang berhubungan dengan suatu ayat, asbabun nuzulnya, hadits yang menjelaskannya, bahkan kita bisa mengetahui maknanya per kalimat dan per kata. Jadi jikalau ada ayat Al-Quran yang tidak kita ketahui maknanya maka kita bisa merujuk kepada kitab tafsir ‘ulama. Misalnya kita tidak tahu penjelasan tentang Surah Ali ‘Imran ayat 95, lalu kita buka kitab tafsir Ibnu Katsir dan buka bagian Ali ‘Imran ayat ke-95 maka di situ terdapat penjelasan lengkap tentang ayatnya. Ibnu Katsir biasanya mencari ayat-ayat yang berhubungan dengan itu, lalu mencari riwayat sahabat yang menceritakan tentang ayat itu, bahkan Ibnu Katsir akan membagi ayat tersebut ke dalam bentuk per kalimat atau per kata kalau memang memungkinkan.

Saat ini kitab tafsir para ‘ulama sudah ada terjemahan bahasa Indonesianya dan sudah banyak diterbitkan di Indonesia. Kalau memang kita tidak mau membelinya atau tidak mau keluar uang, kita bisa mendownloadnya di internet full tafsir Al-Quran ‘ulama. Misalnya saja tafsir Ibnu Katsir yang dibagi menjadi beberapa juz, di internet sudah ada lengkap semua dan terjemahan ke dalam bahasa Indonesia yang mudah dimengerti. Tetapi kalau kita belum puas jika didownload maka lebih disarankan untuk membelinya. Memang harganya mahal, akan tetapi kita akan mendapat manfaat yang berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan harga yang kita keluarkan. Kita bisa memahami kalamullah lebih dalam dan lebih memahami ayat per ayat Al-Quran.

Maka dari itu kalau kita mau mengetahui makna dan penjelasan Al-Quran lebih dalam lagi maka bukalah kitab tafsir Al-Quran para ‘ulama. Dijamin kita tidak akan menyesal dan tidak akan rugi dunia akhirat. Jangan sampai kita seperti orang-orang yang mengabaikan Al-Quran seperti yang dikisahkan pada Surah Thaahaa,

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta." Berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?" Allah berfirman: "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan." (Q.S. Thaahaa : 124-126)

Semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.